Tekad Hidup Lebih Sehat






Sabtu 6 Juli lalu, kami sekeluarga sedang terjebak kemacetan di tol menuju Bandung, ketika tiba-tiba papa mertua menelpon: mama mertua terkena serangan jantung, dan sempat hilang nafas sampai harus dipompa jantungnya!

Langsung kami cari jalan keluar tol, putar balik menuju Jakarta. Ketika tiba di rumah sakit, beliau masih diisolasi di ruang ICCU dan belum boleh dijenguk. Kami baru bisa menjenguk beberapa jam kemudian, itupun hanya keluarga inti yang boleh masuk.

Di ruang ICCU yang dingin itu, beliau tidak diperbolehkan bicara terlalu banyak, supaya jantungnya tidak bekerja terlalu keras. Tangan kanannya menggenggam tangan suamiku, tangan kirinya menggenggam tanganku, lalu berkata…

“Ampuni mama ya, Mas…”
“Ampuni mama ya, Mbak…”
“Jaga pernikahan, yang rukun...”

Beliau menangis, suamiku menangis, aku menahan tangis… sambil mengusap kening beliau dan bilang, “Mama pasti sembuh.. banyak sekali yang mendoakan mama.. yang penting mama semangat ya”.

Sampai saat saya menulis ini, beliau masih dirawat di rumah sakit. Kondisinya sudah jauh lebih baik dibandingkan hari Sabtu kelabu itu, dan sudah pindah dari ruang ICCU, ke ruang perawatan suite.

Sambil bolak balik menunggu mama mertua, saya sekalian medical check up untuk memeriksakan kondisi kesehatan saya. Apalagi “potensi warisan” dari alarhum papa saya lengkap: beliau ada diabetes, hipertensi, meninggalnya serangan jantung pula.

Untunglah hasil medical checkupnya semua bagus, tidak perlu treatment atau medication sama sekali. Saya hanya disarankan dokter untuk menjaga pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan sehat dan olahraga rutin.

Niat saya untuk menjalani hidup lebih sehat semakin kuat setelah menghadiri acara Sun Life Indonesia yang mengusung kampanye kesehatan Live Healthier Lives, yaitu hidup sehat baik fisik, mental, dan finansial, kepada generasi produktif.



Sebab Ibu Elin Waty, Presiden Direktur Sun Life Indonesia, mengungkapkan bahwa berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tahun 2017, sebesar 70% kematian dini di Indonesia disebabkan oleh penyakit tidak menular lho.

Dan kita tahu bahwa faktor penyakit tidak menular terkait erat dengan pola hidup tidak sehat, seperti makanan tidak seimbang dan kurangnya aktivitas fisik. Selain itu, juga penting banget menjaga kesehatan finansial supaya nggak stress!



Seperti dijelaskan oleh psikolog kondang Ibu Roslina Verauli, sejumlah data dalam buku Psychology Applied in Modern Life Adjustment in the 21st Century menyebutkan bahwa masalah finansial merupakan sumber stress berkepanjangan (chronic stressor).

Nah kondisi stress, akan mempengaruhi sistem fisiologis, dimana tubuh menghasilkan 2 jenis hormon yaitu catecholamines dan corticosteroids, yang menekan system kekebalan tubuh, sehingga seseorang mudah sakit.

Semakin lama stress berlangsung, kemampuan tubuh untuk bertahan terhadap stress akan menurun sehingga tubuh kelelahan dan akhirnya kolaps :( Makanya sangat penting buat generasi produktif untuk mengelola kondisi finansial tetap sehat.



Nggak usah jauh2 deh contohnya, mama mertua saya andaikata nggak ditanggung asuransi biaya pengobatannya, pasti bikin kita semua stress karena mahal abis! Wajib banget masukin asuransi kesehatan ke dalam perencanaan keuangan keluarga.

Jadi, sehat fisik dan sehat finansial itu kebutuhan dasar yang perlu dipenuhi bagi generasi produktif agar mampu menampilkan potensi diri terbaik, tapi sayangnya masih sering diabaikan.



Itulah kenapa, menurut Shierly Ge, Chief Marketing Officer Sun Life Indonesia, digaungkan kampanye #LiveHealthierLives melalui beragam aktivitas, salah satunya dengan vlog competition berhadiah jalan-jalan ke Hongkong bareng Ibnu Jamil dan Kelly Tandiono plus uang saku 20 juta!

Cara ikuti Live Healthier Lives Sun Life Vlog Competition ini gampang banget: cukup bikin video maksimal 60 detik aja tentang alasan mulai hidup sehat, mention @SUNLIFE_id @kumparancom kemudian unggah di Instagram kamu. Syarat dan ketentuannya bisa dibaca di: http://bit.ly/SunLifeID



Oya, cek juga deh website Sun Life Indonesia untuk membantu kamu menemukan yang kamu butuhkan untuk perencanaan keuangan. Ada banyak artikel bermanfaat yang disusun berdasarkan tahap kehidupan, sampai kalkulator finansial pun ada di sana.

Semoga kita semua terjaga kesehatan baik fisik, mental, maupun finansial ya. Amin!

PS: Kalau mau lihat foto2 lengkap selama acara Sun Life Indonesia yang diambil dari kamera saya, silakan klik di sini.

Cheers,
Nuniek Tirta
July 15, 2019

UPDATE 16 July 2019: 
Puji Tuhan, Mama mertua akhirnya sudah diperbolehkan pulang! Dan ya, seperti yang sudah bisa ditebak, total biayanya mencapai angka ratusan juta 😅 Untung saja mostly dicover oleh asuransi. Meski tetap ada lah tambahan biayanya, tapi nggak sampai bikin kami stress 😇


Post a Comment

6 Comments

  1. Alhamdulillah. Semoga mama mertua mba Nuniek semakin sehat.

    ReplyDelete
  2. Hidup sehat adalah pilihan terbaik! Alhamdulillaaaah mama mertua sudah sehat ya mba.. dan again hidup sehat dimulai dari our own consciousness.. ayou semangaaat terus

    ReplyDelete
  3. Syukurlah mama mertua mbak Nuniek udah bisa pulang ke rumah.
    Waktu bulan Oktober 2018 lalu, Papiku juga kena serangan jantung dan tentu saja kami shock! Bukan cuman masalah sakitnya tapi pemasangan cincin di pembuluh darah jantung yang biayanya puluhan juta.
    Untung aja kami pun pake asuransi, jadi terbantu banget.

    ReplyDelete