Skip to main content

HEALTHY FUN FOOD

Saya
dan suami baru 10 hari ini menjalani program diet. Bukan apa-apa, perut kami
sudah membumbung bersama. Capek rasanya tiap bulan harus beli baju baru karena
yang lama sudah kekecilan semua. Tapi yang paling utama, tentu saja karena alasan
kesehatan. Kami nggak mau saja masih muda sudah terserang berbagai macam
penyakit yang diakibatkan berat badan tidak seimbang. Eh syukurlah, baru
seminggu diet plus 3 hari detoks, suami sudah turun 3 kilo. Saya sih baru turun 1 kilo saja karena belum detoks dan kemarin habis jalan2 ke Banyuwangi & Surabaya, wisata kulineran pastinya =))

image

Nah kebetulan nih, baru
balik dari Surabaya tengah malam, paginya saya langsung datang ke acara
Bloggers Brunch “Creating Healthy Fun Food” yang diadakan Tropicana Slim.
Padahal siang itu juga ada kuliah, jadi langsung lanjut. Saya selalu senang aja
ke event Nutrifood, karena materi yang dibagi selalu berguna, aktivitasnya
seru, dan yang diundang juga hanya 15 blogger yang benar-benar sudah terpilih. Selain itu juga yang
ngundang adalah PR Manager Nutrifood yang sudah saya kenal selama 6 tahun dan
menjadi teman baik saya, Arninta.
Jadi nggak ada alasan buat nggak datang kan? =)

image

Pas
saya dateng, paas banget acara baru dimulai. Mas Fendy Susanto, Nutrition Manager dari Brand Tropicana Slim,
membawakan presentasi dengan gaya yang menghibur bangettt. Jadi ternyata ya,
44% orang Indonesia makan di restoran 1-3 kali seminggu. Terutama weekend! Ih
itu sih saya sekeluarga banget =) Padahal beberapa studi menunjukkan bahwa
makan di luar rumah itu berkaitan dengan peningkatan konsumsi gula, garam dan
lemak (GGL) yang bisa melampaui batas asupan harian lho. Memang berapa sih
batasnya? Menurut Kementerian Kesehatan RI, batas konsumsi gula per hari itu 50
gram (4 sendok makan), garam 5 gram (1 sendok teh), lemak 67 gram (5 sendok
makan minyak). Resikonya kalo kelebihan apa? Ya sudah pasti obesitas, dan
peningkatan risiko berbagai penyakit kritis.

image

Fakta-fakta lain yang dibagikan Mas Fendy:

  • Nasi merah mengandung serat 6 kali lipat nasi putih.
  • Roti gandum mengandung serat 2 kali lipat roti putih. 
  • Mana yang lebih sehat: tempe goreng atau tempe bacem? Pasti nebaknya tempe bacem ya. Memang sih, tempe goreng lebih tinggi lemak dan kalori. Tapi ternyata, tempe bacem lebih tinggi gula dan garamnya lho! 
  • Tebak lagi, mana yang lebih sehat: mie instan rebus atau mie instan goreng? Ternyata, jumlah lemaknya sama aja sodara sodaraa. Mie instan rebus itu tinggi natrium, sedangkan mie instan goreng itu lebih tinggi kalori, gula, dan karbohidrat. 
  • 1x makan di luar rumah meningkatkan total asupan hingga 134 kalori secara rata-rata.
  • Suka free upsize kalo pesan makanan? Itu berarti konsumsi kalorinya lebih tinggi 43% lho. 
image

Nah,
itulah kenapa sebaiknya kita menyiapkan makanan sendiri di rumah, supaya lebih
terkontrol konsumsi GGL-nya. Masalahnya, kadang anak dan suami itu lebih senang
makan di luar karena apa? Karena kalo di resto itu ya tampilannya kok bisa
lebih menarik dan menggugah selera. Padahal, kita juga bisa lho bikin makanan
tampil cantik ala ala resto begitu. Mbak Vania
Samperuru
, food artist yang juga blogger bilang, ketika seorang ibu
berhasil mengkreasikan menu makanan sehat dengan penyajian yang menarik, ia
telah membantu anggota keluarganya dalam meningkatkan nafsu mengkonsumsi
makanan sehat dan mengontrol jenis nutrisi yang dikonsumsi. 

image

Nggak hanya dikasih teori, tapi para blogger juga diajak untuk praktek langsung
mengkreasikan makanan sehat yang tentunya menggunakan produk-produk dari
Tropicana Slim. And you know what? Grup saya, Anggi dan Smita yang menang! Karena selain pakai tema Happy
Bunny ^.^ juga katanya menu yang kami sajikan berimbang. Ternyata food decorating nggak sulit sama sekali kok! Bahkan Mbak Vania bilang, kalau kita rutin melakukannya akan menjadi kebiasaan, bahkan ketagihan! 

image

Mbak Noviana Halim, Brand Manager Tropicana
Slim, menyatakan bahwa sudah menjadi komitmen Tropicana Slim untuk mengajak
masyarakat hidup sehat. Ini ditunjukkan dengan berbagai alternatif pilihan
produk pelengkap masakan yang lebih sehat karena rendah kalori dan rendah GGL, seperti:

  • Beras Merah Organik yang lebih tinggi serat dan kaya vitamin, jadi cocok dikonsumsi untuk diet. Ini kesukaan sekeluarga, terutama si adik.
  • Minyak Kanola yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah, juga tinggi Omega 3. Sehari-hari saya pakai minyak ini untuk menumis. 
  • Minyak Jagung yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah, juga tinggi Omega 3 dan Omega 6. Saya belum coba nih, katanya lebih gurih. 
  • Kecap Asin yang memiliki kandungan garam 64% lebih rendah dari kecap asin biasa sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi, diabetes dan untuk diet. Ini kesukaan si sulung buat dicocol ke sushi buatannya sebagai pengganti shoyu =)
  • Kecap Manis yang 

    diproses tanpa penambahan gula pasir sehingga aman dikonsumsi untuk diet dan diabetes. Kandungan garamnya juga 30% lebih rendah dari kecap manis biasa sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Kalo ini sih cocok banget buat suami yang doyan manis =)
  • Less Fat Noodle yang rendah lemak, rendah kalori, dan lebih rendah garam karena proses pengeringan melalui pemanggangan, bukan penggorengan sehingga lebih sehat.dan cocok untuk diet. Nah ini kesukaan saya, yang rasa kepiting saus padangnya
    ASLI ENAK BANGETTT!!! Musti coba deh. Serius. Ada juga rasa ayam bakar dan roasted duck kalau nggak terlalu suka pedas. 
image

Saya dan keluarga sih memang sudah lama
jadi konsumen setia. Selain produk-produk tersebut, juga ada produk lainnya
seperti gula rendah kalori, sirup bebas gula, susu bebas lemak, dan produk
lainnya yang telah menginspirasi masyarakat Indonesia selama lebih dari 40
tahun untuk hidup lebih sehat dengan cara yang menyenangkan. 

image

Untuk tahu lebih
banyak tentang produk maupun kegiatannya, bisa
join facebook fan page Tropicana Slim di https://www.facebook.com/TropicanaSlim
dan follow instagramnya @TropicanaSlim
atau buka websitenya www.tropicanaslim.com

Terima kasih Tropicana Slim dan Nutrifood, ditunggu acara2 seru berikutnya! 

image

Comments

Popular posts from this blog

Exclusive Blogger Dinner with Bio Oil

Tau nggak aktivitas paling ngangenin dari suami hampir tiap malam? Selain diusap2 kepala kalau mau tidur, juga... diolesin bedak pengurang gatal di sekujur punggung, hehehe. Udah sekitar 2 tahun terakhir ini kalau malam punggung aku tuh sering gatelll banget sampai kayak panas gitu dan datangnya tiba-tiba aja. Padahal dulu nggak pernah gitu lho.  Awalnya setelah googling, aku pikir penyebabnya tungau, binatang super kecil yang suka ada di tempat tidur. Tapi aku udah usaha bersihin semua kasur pakai jasa profesional buat bersihin tungau, nggak ngaruh juga. Lagipula kalau aku tidur di tempat lain pun (baca: hotel / apartemen) gatalnya juga masih sering datang. Jadi bukan karena tempatnya deh.  Niatnya sih mau konsultasi ke dokter, apalah daya nggak sempat melulu  (ahlesan) . Eh ndilalah hari Kamis kemarin diundang sama Blogger Perempuan Network ke acara Exclusive Blogger Dinner with Bio Oil di Tanamera Cuisine, yang dipandu oleh MC kondang, temanku Uchita Po...

Prinsip 3 Topi dalam Parenting

Semalam, putri pertama kami (9,5 tahun) melakukan ritual bersih-bersih sebelum tidur: mencuci muka dengan sabun pembersih wajah, sikat gigi dan mengoleskan body lotion, etc. Melihatnya, suami berkomentar: “Kok sekarang ritualnya banyak amat sih?” Putri pertama kami spontan menjawab: “Ya namanya juga mau remaja” Sontak suami dengan lebaynya merespon, “Huaaaaaaaa! Tidaaaaakkk!” Dan kemudian dilanjutkan dengan, “Pantesan sekarang sudah nggak mau pegangan tangan sama daddy lagi. Maunya cuma pegang bahu. Sudah nggak mau dicium-cium lagi. Huaaaaaaa!” Saya tertawa melihat suami yang kelabakan anaknya sudah mau remaja dan tingginya sedikiiiitt lagi sudah sama dengan mommynya. Change along your kids changes Ya, kita sebagai orangtua harus berubah seiring dengan perubahan anak-anak kita. Ketika anak beranjak remaja, ia sudah tidak bisa lagi diperlakukan seperti balita, misalnya. Menurut Arun Gogna dalam bukunya Lasting Gifts You Can Give Your Children , sebagai orangtua ki...

Pacaran Minggu Ini

Photo by @nisadianty Kalau kamu sering mengikuti postinganku di media sosial, pasti sudah lumayan familiar dengan hashtag #PacaranMingguIni ya. Sebuah hashtag yang disematkan untuk menandai ketika aku pacaran sama suami. Kenapa pacaran? Karena ya memang harus berduaan. Nggak boleh diganggu sama anak, ortu, mertua, sodara, teman, tetangga. Apalagi sama anaknya ortu mertua dari sodaranya teman tetangga. #halah #ribet Kenapa minggu ini? Karena dijadwalin rutin  setiap minggu  alias  seminggusekali . Dulu waktu suami masih ngantor, jadwalnya tiap Jumat malam, supaya Sabtu-Minggu full buat anak. Sekarang karena mostly Senin-Jumat kami sudah bareng anak2 terus, jadi dijadwalinnya Sabtu siang/sore. Nggak bosen, gitu? Yaampun sis, kalo pacaran yang menyenangkan aja bosen, gimana ngelakuin hal-hal lain yang nggak menyenangkan? Pacaran itu kan reward, hadiah setelah melakukan kewajiban-kewajiban kita sebagai orangtua dan suami/istri. Trus kalo pa...

Family Holiday at Club Med Bintan - Premium All Inclusive Resort

I just had family holiday at Club Med Bintan, on 14-17 December 2017. To be frankly honest, it was way more fun than I expected as a short weekday getaway. Definitely one of the best vacation that we ever had! Photo of us in Club Med Bintan by Sweet Escape Transportation from Jakarta to Bintan Island We flew on Thursday morning, 14 December by Garuda Indonesia from Terminal 3 Soekarno-Hatta International Airport to Tanjung Pinang Raja Haji Fisabillah International Airport. It was scheduled to be boarding at 10:30 but unfortunately got delayed for about an hour, so we arrived at around 1pm.  Transportation from Bintan airport to Bintan resort  At Bintan airport, a driver was already waiting with a sign board "Club Med". We then continued the journey by car, an hour long road without traffic jam at all. Not much to see along the way, most of it was some kind of deserted areas. But when we entered Lagoi area, it is green everywhere I see.  Arrival at ...

Saya Nuniek Tirta, bukan ((hanya)) seorang Istri Direktur

Catatan penting: untuk mencapai pemahaman penuh, mohon klik dan baca setiap tautan.  Awalnya adalah pertanyaan . Membuahkan suatu jawaban .  Diposting di akun pribadi, seperti yang biasa saya lakukan sejak hampir 15 tahun lalu , bahkan sebelum Mark Zuckerberg membuat Facebook.  Jawaban yang juga autopost ke facebook itu menjadi viral, ketika direshare oleh lebih dari 20ribu orang, dengan emoticon lebih dari 38ribu, dan mengundang 700++ komentar. Kemudian menjalar liar, ketika portal-portal media online mengcopas ditambah clickbaits.  Tidak ada media yang mewawancara saya terlebih dahulu ke saya kecuali satu media yang menghasilkan tulisan berkelas dengan data komprehensif ini .   Well, ada juga yang sempat email ke saya untuk meminta wawancara, tapi belum sempat saya jawab, sudah menurunkan berita duluan selang sejam setelah saya posting foto di bustrans Jakarta .  Selebihnya... Tidak ada yang konfirmasi terlebih d...

Gathering Perdana Indonesia Lifestyle Digital Influencers

Apa sih influencers itu?  Influencers adalah, menurut Thesaurus, orang-orang yang memiliki kemampuan mempengaruhi banyak orang, baik melalui media sosial maupun tradisional media. Dari sisi bisnis, seseorang dapat disebut influencer jika ia memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli sesuatu. Biasanya, influencer sering dimintai pendapat, arahan, ilmu, atau opini tentang suatu bidang. "True influence drives action, not just awareness". ~ Jay Baer ~ Tiga hari lalu, tulisan saya di  Facebook pribadi  menjadi viral dan dishare oleh lebih dari 18ribu orang, dengan lebih dari 33ribu emoticons. Tulisan itu lahir dari rasa tanggungjawab pribadi saya sebagai seorang lifestyle influencer (yang memang sering dibayar hanya untuk pamer), untuk mengedukasi para follower saya supaya tidak bergayahidup melampaui kemampuan (finansial) mereka, seperti yang telah  saya tulis sebelumnya di sini . Beberapa portal mengcopy paste tulisan itu dan diber...

Perawatan wajah dan cerita masa muda

Andaikata blog dan social media saya punya semacam FAQ (Frequently Asked Question, alias pertanyaan yang paling sering ditanyakan), sudah pasti di urutan pertama akan bertengger pertanyaan: "Pakai produk perawatan wajah apa?"  Banyaaaakkk banget follower instagram / facebook / twitter saya yang nanya gitu, dan minta saya mengulasnya. Saya bilang sabar, tunggu tanggal mainnya. Tapi sebelum saya jawab pertanyaan itu, saya mau mengenang masa muda dulu ah..  Jadi begini cucuku... Waktu pertama kali ngeblog 15 tahun lalu , usia saya masih 21 (yak silakan dihitung usia saya sekarang berapa, pinterrrr). Jadi jangan heran kalo gaya bahasanya masih 4I_aY 4b3zzz.. (eh ga separah itu juga sih, hehe). Tapi ekspresi nulisku di masa-masa itu masih pure banget, nyaris tanpa filter. Jadi kalo dibaca lagi sampai sekarang pun masih berasa seru sendiri. Kayak lagi nonton film dokumenter pribadi. Kadang bikin ketawa ketiwi sendiri, kadang bikin mikir, kadang bi...

How We Spent Rp45k on Dinner and Rp1.4M on Dessert

What a wildly packed, contrast-heavy Saturday! We kicked off the day heading over to Alam Sutera to pick up a few things at Vintage Vibes before making our food pilgrimage to Porky’s in Gading Serpong. The food was as delicious as ever, though standard damage for two came out to around 350k IDR. A bit pricey, but the place was buzzing as usual. I remember when they first opened we never had a chance to get a table!  After lunch, we popped by Prelude in Gading Serpong, a music school owned by our friends Lukas and Nia, for a very specific mission: rehoming my eldest child’s preloved bass guitar. She requested it with so much enthusiasm for her 17th birthday, only to play it a grand total of three times in three years! Since she’s heading off to the UK soon and space in our apartment is precious, letting it go was a no-brainer. Thankfully, Lukas took it off our hands. We even got treated to gelato right outside Prelude while catching up with Lukas about his upcoming book on mindset. ...

Light Sleeper vs Heavy Sleeper

How are you, my geek widow? my husband asked over lunch, holding my hand with a playful smirk. For context, a “geek widow” is a married woman who feels functionally single at night because her husband is off “dating” his computer screen until 3 AM, lost in a world of coding. In response, I proudly pulled up my phone to show him my sleep statistics from last night. I had achieved a gloriously high sleep score with zero wake-ups! The secret? We didn't sleep in the same bed. We have an unwritten rule: if I’m already fast asleep and he’s still coding late into the night, he doesn't come upstairs; he sleeps on the mattress below so he won't disturb me. Not to be outdone, he pulled up his own stats. Sky-high deep sleep, practically zero awake time; a typical night for him. He is a naturally heavy sleeper, and honestly, I envy him. He won't wake up even there's loud noise, I have to touch him directly to wake him up. But then came the unwanted advice: he started listing of...

MERDEKA? NOT YET!

To be completely honest, celebrating Independence Day this year felt like a total heartbreak. With a regime waving more red flags than a parade, most of us feel like raising a white flag and just giving up.  So why on earth did we spend 12 grueling hours out in the city?  My eldest daughter is moving to the UK next month for her studies, and she had one request on her pre-departure bucket list: an adventure around Jakarta relying entirely on public transport. So, despite the crowds, the heat, and the heavy political eye-rolls, we made it happen. And I'm glad we did!  Our entourage for the day consisted of 7 people: me, my husband, our two daughters, my mom-in-law, our former domestic helper who now works for my in-laws, and my eldest daughter’s best friend who had term break from his uni days in Japan.  To kick things off, my husband proudly presented us with an itinerary he generated using AI. It looked a little something like this: ITINERARY 17 AGUSTUS 2026 ?...