Gathering Perdana Indonesia Lifestyle Digital Influencers

Apa sih influencers itu? 

Influencers adalah, menurut Thesaurus, orang-orang yang memiliki kemampuan mempengaruhi banyak orang, baik melalui media sosial maupun tradisional media. Dari sisi bisnis, seseorang dapat disebut influencer jika ia memiliki kemampuan untuk mempengaruhi keputusan seseorang dalam membeli sesuatu. Biasanya, influencer sering dimintai pendapat, arahan, ilmu, atau opini tentang suatu bidang.

"True influence drives action, not just awareness". ~ Jay Baer ~

Tiga hari lalu, tulisan saya di Facebook pribadi menjadi viral dan dishare oleh lebih dari 18ribu orang, dengan lebih dari 33ribu emoticons. Tulisan itu lahir dari rasa tanggungjawab pribadi saya sebagai seorang lifestyle influencer (yang memang sering dibayar hanya untuk pamer), untuk mengedukasi para follower saya supaya tidak bergayahidup melampaui kemampuan (finansial) mereka, seperti yang telah saya tulis sebelumnya di sini. Beberapa portal mengcopy paste tulisan itu dan diberi judul yang baitclick supaya lebih heboh. Bukan hanya kebanjiran friend request dan new followers di instagram, banyak sekali pesan masuk di inbox saya yang memberikan testimoni bagaimana tulisan saya mempengaruhi pola pikir dan bahkan tindakan mereka.

Indonesia Lifestyle Digital Influencers (ILDI) is a melting pot for Indonesian bloggers, vloggers, facebook / twitter / instagram users who like to share everything related to lifestyle (travel, food, beauty, fashion, entertainment, decoration, design, art, gadget, tech, etc.). 

Bulan lalu saya membuat group Indonesia Lifestyle Digital Influencers di Facebook. Out of the blue, seperti dapat wangsit saja saat Subuh, dan langsung saya buat saat itu juga. Ini merupakan komunitas keempat yang saya buat, setelah komunitas anak gaul Jakarta #BCBar (2000), komunitas blogger Indonesia Blogbugs (2002), dan komunitas penggiat startup Indonesia, #Startuplokal (2010). Agak berbeda dengan komunitas2 sebelumnya, ILDI ini tidak terbuka untuk umum; untuk menjadi anggota ILDI harus ada rekomendasi dari anggota2 lain yang telah saya kurasi sebelumnya. Ini untuk menjaga kualitas komunitas ILDI itu sendiri sesuai dengan namanya.

ILDI vision: to be the most referred group in finding lifestyle influencers in Indonesia.
ILDI mission: to create culture of positive influence; to influence with dignity, and use the power to influence wisely. 

Hari ini, terselenggara gathering perdana ILDI dengan tuan rumah OLX Indonesia, bareng program mereka #JalanJajanOLX. Selama 2 jam acara berjalan santai dan lancar. Saya share tentang mengapa saya buat group ini, visi misi dan rencana2 menarik ke depan (fyi, sudah banyak brand yang antri untuk kerjasama, yay!). Karena hasil polling mayoritas menginginkan ada bahasan tentang Personal Branding, maka saya meminta Ollie untuk share tentang topik tersebut. Ada juga Mas Aan dari OLX yang banyak membantu untuk mewujudkan acara hari ini. Selain itu tentunya perkenalan sesama anggota, dan harapan mereka terhadap group ini. Tiap peserta yang datang mendapatkan goodie bag menarik dari OLX, makan siang dari Chick 'n Roll. Juga ada doorprize untuk twitter / FB / instagram post terbaik, yang nantinya mendapatkan hadiah belanja masing2 500ribu rupiah. Eh, ada acara tuker kado #bekasjadiberkah juga loh! Aku dapat speaker, yaayy.

Terima kasih teman2 yang sudah datang hari ini. Foto2 lengkapnya silahkan lihat dan download di Google photos saya ya :) Sampai ketemu di gathering selanjutnya!














Post a Comment

6 Comments

  1. Terima kasih atas kesempatannya mba.. Jadi bagian dari ILDI jadi bagian menyenangkan dalam perjalanan ngeblog saya. Semoga ILDI terus eksis yaaa :)

    ReplyDelete
  2. Terima kasih mbak nuniek sudah menjadi bagian dari ILDI. Dan senang bangat kemaren nambah ilmu dan teman-teman yang menyenangkan. Ditunggu pertemuan berikutnya yach.

    ReplyDelete
  3. Gimana ya caranya gabung ILDI? Saya blogger, masih baru tinggal di Jakarta. Pengen ssekali bisa bergabung dengaan komunitas-komunitas di Indonesia. Sebelum ini saya tinggal dan bekerja di Malaysia.

    ReplyDelete
  4. Seru sekali! Terima kasih ya Nuniek sudah kumpulin kita dalam group ini :)

    ReplyDelete
  5. Seneng banget bisa gabung di ILDI. Apalagi hastag #bekasjadiberkah aku banget, tuh!:D
    Moga-moga #bekasjadiberkah bisa meng-Indonesia. Aamiin

    ReplyDelete
  6. Inspiring banget, Mbak. Saya abis baca postingan mbak @April Hamsa tentang sale stock yang visinya itu bikin kagum. So inspiring lah. Trus disebut tentang ILDI. Wah, keren. Dan akhirnya liat postingan mba Nuniek deh.

    Masih baru di dunia blog. Gimana caranya mau ikut ILDI, mbak? Biar bisa ikut gabung share positive things :)

    Salam kenal :)

    ReplyDelete