Berapa Biaya Liburan ke Resort di Maldives Sekeluarga?

Wednesday, April 26, 2017



Disclaimer: Sebelum berprasangka, tulisan ini dipublish bukan untuk tujuan riya, melainkan untuk berbagi informasi buat yang membutuhkan saja. Paham yaaa.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada

Judul di atas adalah pertanyaan yang cukup sering saya dapatkan dari teman-teman sejak saya pulang dari liburan sekeluarga di Maldives minggu lalu. Kalo banyak yang nanyain berarti banyak yang pingin tau informasinya, jadi saya tulis di sini aja ya.  Semoga bisa jadi gambaran buat teman-teman untuk mempersiapkan budget liburan keluarga ke resort di Maldives. Silakan dishare ke pasangan buat kode-kode, ehehehe. 

Tahun ini bukan pertama kalinya saya ke Maldives. Sebab dua tahun lalu saya dan suami sudah pernah liburan ke Maldives berdua saja untuk ritual hornymoon di ulang tahun pernikahan kami. Oleh-oleh dalam bentuk tulisan saya untuk LiveOlive bisa dikonsumsi gratis di sini: Tips Liburan ke Maldives untuk Bulan Madu. Versi Bahasa Inggris: The Smart Honeymooner’s Guide to Maldives.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada


Artikel tersebut sebenarnya sudah cukup menjelaskan pengetahuan dasar kalau kamu berniat liburan ke Maldives, nggak hanya untuk bulan madu saja. Jadi di postingan kali ini saya akan lebih fokus membahas tentang berapa biaya liburan keluarga di Maldives. Perlu digarisbawahi bahwa yang saya bahas di sini adalah biaya liburan di resort dengan pulau privat, bukan di homestay atau hotel di pulau berpenduduk lokal seperti Male & Hulhumale.

Oya perlu juga disepakati terlebih dahulu, bahwa yang saya maksud dengan keluarga pada artikel ini adalah keluarga inti yang terdiri dari kedua orang tua dengan dua anak di bawah 12 tahun. Dalam hal ini tentu saja saya, suami, dan kedua putri kami (10 & 9 tahun). Jadi kata “keluarga” yang dimaksud di sini tidak termasuk kakek nenek cucu ponakan sepupu, atau keluarga yang anak-anaknya sudah besar, apalagi keluarga yang jumlah anaknya cukup untuk bikin tim sepakbola sendiri yaaa J


Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada

Oke, mari kita mulai. Supaya lebih mudah, saya rinci komponen biayanya satu persatu, masing-masing komponen untuk empat orang. Kemudian semua mata uang saya konversikan ke rupiah menggunakan aplikasi XE.com yang ada di ios.  

1.    Harga tiket pesawat dari Jakarta ke Maldives
a.     Jakarta – Singapura – Jakarta dengan Tiger Air IDR 5.431.696 berempat (atau IDR 1.357.924 per orang). Ini beli di Tiket.com pastinya, pas ada diskon 100ribu untuk pembelian tiket pesawat di atas sejuta dan diskon 250ribu untuk pembelian di atas 3juta. Harga di atas sudah termasuk total diskon 350ribu yang saya dapatkan. Yay!
b.    Singapura – Male – Singapura dengan Tiger Air SGD 803.56, setelah dikonversikan oleh bank penerbit kartu kredit saya (Permata) menjadi IDR 8.195.806 untuk berempat. Ini termasuk murah banget karena kalau beli harga normalnya buat berempat itu 15jutaan. Tiket ini saya dapetin di website TigerAir waktu mereka buka promo murah tengah malam tanggal 22 September 2016 lalu. Saya taunya ada promo ini dari grup FB Pemburu Tiket Promo, memang racun banget deh hehe. 

2.    Tarif bagasi dan pass thru 
Harga tiket pesawat yang saya sebutkan di atas belum termasuk biaya bagasi ya, jadi harus nambah biaya lagi kalau mau pakai bagasi. Tapi tenang, semua tetap dapat jatah koper buat kabin maksimal berat 10kg kok. Karena liburannya pendek, saya cuma nambah beli bagasi untuk suami saja yang 20kg, untuk pulang pergi. Jadi suami bawa satu koper super besar isinya baju2 kita semua, aku bawa satu koper tanggung ukuran kabin isinya baju2 ganti selama di perjalanan, dan anak2 bawa satu koper kecil unyu2 isinya khusus makanan & minuman. Kami juga bawa tas jinjing masing-masing untuk peralatan pribadi selama di perjalanan (charger, powerbank, headphone, buku, dompet, passport, etc.). Tarif bagasi 20kg TigerAir rute Jakarta-Singapura-Jakarta adalah IDR 480.000, sedangkan untuk rute Singapura-Male-Singapura biayanya SGD 84, setelah dikonversikan oleh rate kartu kredit menjadi IDR 839.528. Terus karena suami nggak mau repot ambil bagasi di Singapura saat transit, jadi dia minta bagasinya sekalian dipassthru sampai Male, dengan tambahan biaya IDR 200.000. Jadi total penambahan tarif bagasi dan pass thru adalah IDR 1.519.528.


Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada


3.    Biaya penginapan dan transportasi selama di MaldivesSebenernya saya mengusulkan kepada suami, kan dua tahun lalu nginepnya udah di resort nih (Chaaya Dhonveli, sekarang ganti nama jadi Cinnamon Dhonveli, recommended!), gimana kalo kali ini nginepnya di hotel biasa aja di pulau yang ada penduduknya, tapi kita ngabisin waktu seharian dengan ikut excursions alias tamasya, karena banyak sekali pilihan kegiatannya dan jauh lebih murah dibanding kegiatan di resort. Tapi suami menolak keras ide ini, katanya: “Ngapain jauh2 ke Maldives nginep di hotel biasa, sama aja kayak ke Pulau Seribu.” Huehehe bener juga. Lagian kalo nginep di pulau berpenduduk berarti ga ada pemandangan bikini karena dilarang keras, lol. Sooo I got license to spend more, hahahaa. Tapi kita nggak mau nginep di tempat yang sama meskipun bagus, karena mau cobain yang lain juga kan. Nah kebetulan pas lagi buka Instagram, ada iklan Mastercard stay 2 nights get 1 night free di jaringan Starwood Hotels, termasuk Sheraton Maldives Fullmoon Resort & Spa. Dapet rate USD 414 per malam, tapi dengan promo tersebut jadi USD 828.03 saja untuk 3 malam, dengan kamar cukup untuk 2 dewasa dan 2 anak di bawah 12 tahun, termasuk sarapan! Yay. Tapi tunggu dulu! Itu belum termasuk pajak DAN biaya transfer speedboat dari airport ke resort pp lho. Untungnya anak2 gratis, jadi yang kena charge orang dewasanya aja, USD 220.78 untuk 2 orang dewasa. Dan ingat, masih ada service charge 10% untuk hotel dan transfer airport USD 82.80 + 22.08 ditambah T.GST 12% 109.29 + 29.14 ditambah lagi green tax @$6 per person per night = $72.00. Jadi total biaya menginap di resort Sheraton Maldives Full MoonResort & Spa selama 4 hari 3 malam plus biaya transfer airport ke resort dengan speedboat = USD 1.364, setelah dirupiahkan menjadi IDR 18.163.973.



4.    Ongkos makan selama di resort
Naaah bagian ini yang seringkali tricky. Ongkos makan di resort tuh mahal banget! Air mineral sebotol tanggung aja USD 10, sama kayak wine segelas hahaha. Dari sebelumnya kita udah tau sih, makanya 2 tahun lalu kita ambil yang full board (breakfast + lunch + dinner). Tapi kali ini kita nyoba trick yang disaranin di tripadvisor, untuk ambil half board aja (breakfast + dinner), dengan catatan sarapannya siang2 jam 11 terus dinnernya jam 6, in between nyemil2 aja. Tapi ternyata yahhh, mana tahan nggak makan siang kalo kerjaannya berenang dan berjemur terus, hahaha. Jadinya ya kebobolan juga deh di budget bagian ini. 


Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada

Anyway, ini info meal supplement yang aku copas dari email staff Sheraton:

Meal supplement:

1.       Half Board – US$ 120.00 per person per day; inclusive of 10% service charge, 12% GST
-          Buffet Dinner in Feast or designated venue on set menu, Excludes beverages.

2.       Full Board  - US$ 180.00 per person per day; inclusive of 10% service charge, 12% GST
-          Buffet Lunch & Dinner in Feast or designated venue on set menu, Excludes beverages.

3.       All inclusive – US$ 260.00 per person per day; inclusive of 10% service charge, 12% GST.
-          Buffet Lunch & Dinner in Feast or designated venue on set menu.
-          Beverages included: unlimited draught beer, house wines by glass (red, white, rose), sparkling wine, house pouring spirits (Scotch, Gin, Vodka, Rum) water, soft drinks - offered in all Bars and Restaurants between 11.00 am – Midnight 00.00 hrs.

Children will be charged as per menu price.
However by enrolling to our loyalty program SPG upon arrival you can purchase SPG kids Pass for USD 15  + 10% Service Charge + 12% GST = USD 18.48 per child per day.

SPG® Kids Pass program which includes an all-inclusive dining privilege for kids under 12 years old and younger.
Children of SPG member can enjoy an all-inclusive access of variety dining options at our resort including children buffet menu and beverages.
This program requires consecutive participation during the whole stay. If you are not enrolled as SPG member yet, you can be enrolled upon arrival.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada


Nah aku dan suami upgrade dari breakfast only ke half board dan anak2 beli SPG Kids Pass, ini yang kami dapatkan:

Half Board dine around Entitlements

Breakfast : Feast
Dinner   Feast or kakuni Hut Buffet Themed nights or Anchorage Bar, Sand Coast

·        Baan Thai* food only USD 81.17  credit per person
·        Sea Salt food only USD 81.17  credit per person
·        Destination Dining* food only USD 81.17 credit per person
Credit is per person excluding service charge and government availing taxes. The credit can only be used in one venue per evening and cannot be accumulated, combined or transferred, applicable for destination dining.

Please note that your meal package will end from the last day breakfast.

Beverage:
Water and soft drinks

Package Exclusions
Mini Bar & In room dining
Any other meals, beverages or venues not mentioned above

The SPG KIDS PASS includes:

·        Breakfast and buffet dinner in Feast Restaurant
·        One meal during lunch and dinner time from the kids menu in Sand Coast, Baan Thai, Sea Salt or Anchorage Bar
·        Soft drinks throughout the day in any venue

The trickiest part is, meskipun anak2 dapat all inclusive, tapi wajib dibarengi dengan pesanan orang dewasa. Which means, ortunya ya harus pesan juga. Jadi karena saya dan suami nggak dapat lunch, tetap harus pesan supaya anak2 bisa dapet lunch. Nah nambah deh tuh biayanya, hahaha. Sekali makan berdua habisnya sekitar USD 100an, karena rata2 main course sekitar USD30an dan minum sekitar USD10an, belum termasuk pajak dll ya. Jadi setelah ditotal-total, ongkos makan selama di resort selama 4 hari 3 malam untuk 2 dewasa dan 2 anak adalah USD 757.45 atau IDR 10.056.159. Tapi kalau dibreakdown lagi, ternyata nggak mahal2 amat sih untuk ukuran Maldives. Sebab IDR 10.056.159 dibagi 4 hari dibagi 4 orang dibagi 3x makan per hari jadi jatohnya “cuma” IDR 209.381 sekali makan per orang. Sama aja kayak makan di restoran middle-up mall2 di Jakarta, bedanya ini pakai suasana pantai dengan pasir putih bersih dan laut biru yang indah =) Tapi kalo mau jujur, makanan di Sheraton Maldives Full Moon Resort & Spa ini kalah mewah jauhhh sama makanan di Chaaya Island Dhonveli tempat saya dan suami menginap 2 tahun lalu, padahal di sana dapet rate 2,4jutaan full board berdua!


Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada

5.    Tarif kegiatan selama di Maldives
Selain makanan, yang saya dan suami over-expected di sini adalah snorkeling site. Bayangan kami bakal sama kayak di Chaaya Dhonveli, yang kita bisa liat terumbu karang dan ikan2 cantik cukup di sekeliling resort aja. Tapi di Sheraton Maldives ini hampir nggak ada terumbu karangnya, ikan warna warninya sedikit banget. Jadi kita nggak puas sama sekali snorkeling di sini. Untung masih dihibur sama ikan pari dan bayi hiu yang hilir mudik di pesisir pantai, sama ada beberapa ikan gede yang saya nggak tau apa namanya, jinak-jinak semuanya. 



Untuk menghibur diri, kami memutuskan untuk ikut dolphin sunset cruise aja deh, dengan biaya tambahan USD 60 / adult dan USD 30 / child. Tadinya mau snorkeling di tengah laut dengan kapal, tapiii pas banget saya lagi dapet banyak2nya (ups, TMI). Meskipun katanya mitos, tapi saya tetep takut aja kalo kecium hiu gitu, hiiiyyyy… Udah daftar, langsung dibatalin aja daripada kenapa2 kan –parno full mode on-. So tarif kegiatan selama di Maldives hanya sunset cruise itu aja, total dengan pajak & service jadi USD 221.76 atau IDR 2.944.841.



Nah, sekarang mari kita hitung total general =)

1.    Tiket pesawat           (IDR 5.431.696 + IDR 8.195.806 )          IDR 13.627.502
2.    Bagasi + passthru                                                                            IDR   1.519.528

3.    Resort & airport transfer                                                                 IDR 18.163.973
4.    Makan & minum                                                                             IDR 10.056.159
5.     Excursion                                                                                          IDR   2.944.841
TOTAL                                                                      IDR 46.312.003

Jadi total biaya liburan ke resort di Maldives sekeluarga selama 4 hari 3 malam yang kami keluarkan kemarin adalah sebesar 46.312.003 rupiah, atau 11.578.000 per orang, atau 2.894.500 per orang per harinya.

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada


Mahal? Tergantung. Definisi mahalnya seperti apa. Kalau dibandingin sama liburan di Pulau Seribu ya mungkin mahal. Etapi tahun lalu saya dan suami wedding anniversary di resort pulau terujung dari Kepulauan Seribu, per malamnya malah lebih mahal lho! IDR 4.240.000 buat berdua dan fasilitasnya amat sangat nggak banget: bathtub karatan nggak bisa dipake, washtafel jebol (catet, jebol bukan bocor), banyak nyamuk, makanan super standar kayak kondangan skala RT, ikannya ganas-ganas, belum lagi drama karena udah DP jauh2 hari ternyata nggak dicatat, padahal saya dan suami sudah menuju starting point. Duh. Not worth it at all. Seharusnya dengan dana segitu, kami bisa dapat yang jauh lebih baik. Tapi di Maldives ini buat kami worth it banget, dengan fasilitas mewah bintang 5, dan keindahan alamnya yang tiada tara *tsah*, malah jatuhnya lebih murah lho: 18.163.973 dibagi 3 malam dibagi 4 orang jadi biaya per orang per malamnya “cuma” 1.513.664, sedangkan di resort Kepulauan Seribu tadi biaya per orang per malamnya IDR 2.120.000! Bahkan lebih murah dari biaya per orang nginep di Pulau Macan! Cuma ya memang nggak ada tambahan biaya pesawatnya aja.



Sejak awal saya menetapkan budget all in maksimal 50jt untuk berempat atau 12,5jt per orang. Angkanya dari mana? Dari perhitungan biaya 2 tahun lalu, kami ke Maldives berdua habisnya 22jutaan dengan durasi yang sama. Lalu saya cek di Tripvisto untuk paket 4D3N Maldives Sheraton Full Moon, biayanya 13jutaan per orang TANPA tiket pesawat, dan di Gogonesia paket 4 Hari 3 Malam di Sheraton Maldives Full Moon Resort & Spa harganya hampir 25jt per orang tanpa tiket pesawat. Jadi dengan menghabiskan 46jutaan itu sebenarnya masih ada budget buat oleh-oleh. Tapi karena mepet waktunya jadi tidak sempat beli apa2 di bandara Maldives. Alhasil oleh2nya dari Singapura aja, standar: coklat dan liquor, hehehe.

Wuih, ini tulisan terpanjang yang pernah saya publish kayaknya. Lebih dari 2000 kata! Semoga berguna =)


Sebuah kiriman dibagikan oleh Nuniek Tirta (@nuniektirta) pada

Jakarta, 25 April 2017
Nuniek Tirta Sari ~ next month to Santorini ~

You Might Also Like

6 comments

Subscribe