HEALTHY FUN FOOD

Tuesday, April 19, 2016

Saya
dan suami baru 10 hari ini menjalani program diet. Bukan apa-apa, perut kami
sudah membumbung bersama. Capek rasanya tiap bulan harus beli baju baru karena
yang lama sudah kekecilan semua. Tapi yang paling utama, tentu saja karena alasan
kesehatan. Kami nggak mau saja masih muda sudah terserang berbagai macam
penyakit yang diakibatkan berat badan tidak seimbang. Eh syukurlah, baru
seminggu diet plus 3 hari detoks, suami sudah turun 3 kilo. Saya sih baru turun 1 kilo saja karena belum detoks dan kemarin habis jalan2 ke Banyuwangi & Surabaya, wisata kulineran pastinya =))

image

Nah kebetulan nih, baru
balik dari Surabaya tengah malam, paginya saya langsung datang ke acara
Bloggers Brunch “Creating Healthy Fun Food” yang diadakan Tropicana Slim.
Padahal siang itu juga ada kuliah, jadi langsung lanjut. Saya selalu senang aja
ke event Nutrifood, karena materi yang dibagi selalu berguna, aktivitasnya
seru, dan yang diundang juga hanya 15 blogger yang benar-benar sudah terpilih. Selain itu juga yang
ngundang adalah PR Manager Nutrifood yang sudah saya kenal selama 6 tahun dan
menjadi teman baik saya, Arninta.
Jadi nggak ada alasan buat nggak datang kan? =)

image

Pas
saya dateng, paas banget acara baru dimulai. Mas Fendy Susanto, Nutrition Manager dari Brand Tropicana Slim,
membawakan presentasi dengan gaya yang menghibur bangettt. Jadi ternyata ya,
44% orang Indonesia makan di restoran 1-3 kali seminggu. Terutama weekend! Ih
itu sih saya sekeluarga banget =) Padahal beberapa studi menunjukkan bahwa
makan di luar rumah itu berkaitan dengan peningkatan konsumsi gula, garam dan
lemak (GGL) yang bisa melampaui batas asupan harian lho. Memang berapa sih
batasnya? Menurut Kementerian Kesehatan RI, batas konsumsi gula per hari itu 50
gram (4 sendok makan), garam 5 gram (1 sendok teh), lemak 67 gram (5 sendok
makan minyak). Resikonya kalo kelebihan apa? Ya sudah pasti obesitas, dan
peningkatan risiko berbagai penyakit kritis.

image

Fakta-fakta lain yang dibagikan Mas Fendy:

  • Nasi merah mengandung serat 6 kali lipat nasi putih.
  • Roti gandum mengandung serat 2 kali lipat roti putih. 
  • Mana yang lebih sehat: tempe goreng atau tempe bacem? Pasti nebaknya tempe bacem ya. Memang sih, tempe goreng lebih tinggi lemak dan kalori. Tapi ternyata, tempe bacem lebih tinggi gula dan garamnya lho! 
  • Tebak lagi, mana yang lebih sehat: mie instan rebus atau mie instan goreng? Ternyata, jumlah lemaknya sama aja sodara sodaraa. Mie instan rebus itu tinggi natrium, sedangkan mie instan goreng itu lebih tinggi kalori, gula, dan karbohidrat. 
  • 1x makan di luar rumah meningkatkan total asupan hingga 134 kalori secara rata-rata.
  • Suka free upsize kalo pesan makanan? Itu berarti konsumsi kalorinya lebih tinggi 43% lho. 
image

Nah,
itulah kenapa sebaiknya kita menyiapkan makanan sendiri di rumah, supaya lebih
terkontrol konsumsi GGL-nya. Masalahnya, kadang anak dan suami itu lebih senang
makan di luar karena apa? Karena kalo di resto itu ya tampilannya kok bisa
lebih menarik dan menggugah selera. Padahal, kita juga bisa lho bikin makanan
tampil cantik ala ala resto begitu. Mbak Vania
Samperuru
, food artist yang juga blogger bilang, ketika seorang ibu
berhasil mengkreasikan menu makanan sehat dengan penyajian yang menarik, ia
telah membantu anggota keluarganya dalam meningkatkan nafsu mengkonsumsi
makanan sehat dan mengontrol jenis nutrisi yang dikonsumsi. 

image

Nggak hanya dikasih teori, tapi para blogger juga diajak untuk praktek langsung
mengkreasikan makanan sehat yang tentunya menggunakan produk-produk dari
Tropicana Slim. And you know what? Grup saya, Anggi dan Smita yang menang! Karena selain pakai tema Happy
Bunny ^.^ juga katanya menu yang kami sajikan berimbang. Ternyata food decorating nggak sulit sama sekali kok! Bahkan Mbak Vania bilang, kalau kita rutin melakukannya akan menjadi kebiasaan, bahkan ketagihan! 

image

Mbak Noviana Halim, Brand Manager Tropicana
Slim, menyatakan bahwa sudah menjadi komitmen Tropicana Slim untuk mengajak
masyarakat hidup sehat. Ini ditunjukkan dengan berbagai alternatif pilihan
produk pelengkap masakan yang lebih sehat karena rendah kalori dan rendah GGL, seperti:

  • Beras Merah Organik yang lebih tinggi serat dan kaya vitamin, jadi cocok dikonsumsi untuk diet. Ini kesukaan sekeluarga, terutama si adik.
  • Minyak Kanola yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah, juga tinggi Omega 3. Sehari-hari saya pakai minyak ini untuk menumis. 
  • Minyak Jagung yang dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah karena kandungan asam lemak jenuh yang lebih rendah, juga tinggi Omega 3 dan Omega 6. Saya belum coba nih, katanya lebih gurih. 
  • Kecap Asin yang memiliki kandungan garam 64% lebih rendah dari kecap asin biasa sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi, diabetes dan untuk diet. Ini kesukaan si sulung buat dicocol ke sushi buatannya sebagai pengganti shoyu =)
  • Kecap Manis yang 

    diproses tanpa penambahan gula pasir sehingga aman dikonsumsi untuk diet dan diabetes. Kandungan garamnya juga 30% lebih rendah dari kecap manis biasa sehingga cocok dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Kalo ini sih cocok banget buat suami yang doyan manis =)
  • Less Fat Noodle yang rendah lemak, rendah kalori, dan lebih rendah garam karena proses pengeringan melalui pemanggangan, bukan penggorengan sehingga lebih sehat.dan cocok untuk diet. Nah ini kesukaan saya, yang rasa kepiting saus padangnya
    ASLI ENAK BANGETTT!!! Musti coba deh. Serius. Ada juga rasa ayam bakar dan roasted duck kalau nggak terlalu suka pedas. 
image

Saya dan keluarga sih memang sudah lama
jadi konsumen setia. Selain produk-produk tersebut, juga ada produk lainnya
seperti gula rendah kalori, sirup bebas gula, susu bebas lemak, dan produk
lainnya yang telah menginspirasi masyarakat Indonesia selama lebih dari 40
tahun untuk hidup lebih sehat dengan cara yang menyenangkan. 

image

Untuk tahu lebih
banyak tentang produk maupun kegiatannya, bisa
join facebook fan page Tropicana Slim di https://www.facebook.com/TropicanaSlim
dan follow instagramnya @TropicanaSlim
atau buka websitenya www.tropicanaslim.com

Terima kasih Tropicana Slim dan Nutrifood, ditunggu acara2 seru berikutnya! 

image

You Might Also Like

0 comments

Subscribe