Wednesday, July 29, 2015

[gallery]

AYAH



Di hari pertama dari total 5 hari pelatihan Trauma Healing yang saya ikuti 2 minggu lalu di Indonesia Bible Center - Salemba, fasilitator menjelaskan bagaimana pengalaman seorang anak dengan ayah mempengaruhi pengalamannya pada kasih Tuhan.



Kemudian para peserta yang berjumlah sekitar 40 orang diminta untuk mendiskusikan pengalamannya, berdasarkan pertanyaan berikut:



“Ingat-ingat tentang ayahmu. Waktu kecil, apakah kamu ingat cinta kasih ayah? Bagaimana hubungan kamu dengan ayah mempengaruhi hubungan kamu dengan Tuhan?”



Ternyata, gambaran seseorang tentang ayahnya mempengaruhi gambarannya tentang Tuhan. Konsep ke-ayah-an yang buruk merusak konsep ke-Tuhan-an, demikian pula sebaliknya. Anak akan memilih kepada siapa yang Ia percaya. Dasar kepercayaan manusia kepada Tuhan seringkali berdasarkan kedekatannya dengan orangtua, terutama ayah. Sebab, rumah adalah tempat perdana seorang anak mengenal Tuhan.



Hai para ayah, apakah kalian sudah menjadi teladan yang baik bagi anak-anak kalian? Semoga ya =)



Rabu, 29 Juli 2015
Nuniek Tirta Ardianto



Keterangan foto: curly girl and her daddy Natali Ardianto in Batu Secret Zoo, Malang. Photo by Lettisa Dyah Sukma Wardhani

You Might Also Like

0 comments

Subscribe