Karakteristik Perkawinan yang Berhasil (Bagian 2 dari 3)

Ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya

12 Karakteristik Pernikahan yang Berhasil

5.      Commitment (Komitmen)

Pernikahanyang berhasil membutuhkan motivasi tingkat tinggi: keinginan untuk mempertahankan perkawinan dan kemauan untuk meluangkan waktu dan usaha untuk memastikan semuanya itu berjalan dengan baik. Komitmen, dibandingkan faktor kepuasan atau investasi, merupakan prediktor terkuat sebuah persistensi hubungan. Komitmen dianggap memiliki 3 komponen: niat untuk bertahan, kelekatan psikologis, dan orientasi kognitif untuk berada dalam hubungan dalam jangka panjang.

Salah satu pertanyaan penting adalah, kepada siapa dan untuk apa komitmen itu? Komitmen melibatkan tiga bagian:  

a.      Komitmen diri sendiri
Ini meliputi keinginan untuk bertumbuh, berubah, dan menjadi partner pernikahan yang baik.
b.      Komitmen satu sama lain
Ketika mengucapkan janji pernikahan, setiap pasangan mengucapkan janji atau sumpah terhadap satu sama lain.
c.      Komitmen hubungan, pernikahan, dan keluarga
Komitmen merupakan kemauan untuk mendukung “pertumbuhan yang sedang berlangsung dalam suatu hubungan”. Ketika anak dilibatkan, komitmen melampaui hubungan pasangan, tapi juga mencakup seluruh unit keluarga.


6.      Affection (Kasih Sayang)

Satu harapan penting dari hampir semua pasangan menikah adalah memenuhi kebutuhan akan cinta dan kasih sayang. Kebutuhan ini bervariasi, tergantung dari cara pasangan bersosialisasi. Beberapa orang memiliki kebutuhan lebih tinggiuntuk keintiman emosional dibanding yang lain. Tapi kebanyakan orang berharap kebutuhan akan kasih sayang dapat terpenuhi dari perkawinan. 

Kata-kata yang mengekspresikan kehangatan, penghargaan, tindakan yang menunjukkan rasa kasih, persetujuan, membangkitkan semangat, dan menaikkan kekuatan ego, sama pentingnya dengan kontak fisik dan keintiman seksual.pasangan yang terlibat dalam kehidupan pernikahan bahagia dalam jangka waktu panjang, seringkali menunjukkan kekaguman terhadap pasangannya, dan menghargai pasangannya tanpa mengambil begitu saja (take for granted).

7.      The Ability to Deal with Crises and Stress (Kemampuan Menangani Krisis dan Tekanan)

Masalah adalah bagian dari kehidupan. Semua pasangan, baik yang pernikahannya berhasil maupun gagal, mengalami masalah dan tekanan baik di dalam maupun di luar hubungan mereka. Yang membedakan adalah, mereka yang pernikahannya berhasil, mampu menangani masalah dengan cara kreatif.

Pasangan yang berhasil dalam pernikahan juga memiliki toleransi yang lebih tinggi terhadap rasa frustasi. Mereka belajar menangani amarah dengan cara yang lebih sehat dan konstruktif, daripada menyalahkan anggota keluarga lain.

Stress atau tekanan hadir dalam berbagai macam bentuk dan memainkan peranan kunci dalam kepuasan perkawinan. Riset menunjukkan bahwa semakin stress lingkungan, semakin tinggi tingkat perceraian pasangan, dan paparan kejadian yang penuh tekanan berkaitan dengan meningkatnya agresi perkawinan.

8.      Responsibility (Tanggungjawab)

Tanggungjawab melibatkan kemampuan untuk dapat diandalkan dalam konteks keluarga, yang juga berarti memikul tanggung jawab untuk pemeliharaan keluarga.[8] Keberhasilan perkawinan tergantung pada asumsi mutual, berbagi, dan pembagian tanggungjawab  dalam keluarga.