Monday, July 11, 2016

Tokyo Disneyland - 10 Tips & Trick



1. Persiapan: pilih hari selain weekend dan hari libur itu udah paling bener. Buat prediksi rame atau nggaknya pengunjung, cek dulu deh Tokyo Disneyland Crowd Calendar ini: http://tdrnavi.jp/forecast/disneyland?lang=en . Saya pilih tanggal 5-6 Juli 2016 karena paling sepi di antara tanggal liburan kami di Jepang dari 29 Juni sampai 12 Juli.



2. Pakaian: cek cuaca! Jangan sampai saltum jadi kepanasan atau kedinginan. Kayak saya, karena hari2 sebelumnya kepanasan di Osaka dan Kyoto (suhu 33-37 derajat!), begitu sampai Tokyo pas lagi sejuk2nya jadi kedinginan (suhu 22-27 derajat). Yg harus diingat juga adalah lokasi Tokyo Disney Resorts ini ada di dekat laut jadi anginnya lebih kencang.



3. Penginapan: kalau punya dana cukup ya paling asik nginep di hotel2 sekitar Disney sih. Enaknya kalo pulang nggak harus umpel2an naik kereta karena pasti penuh banget. Kami pilih nginep di Hotel Mystays Maihama yang berjarak sekitar 1km dan ada fasilitas shuttle busnya ke Disneyland. Review hotel nanti diposting terpisah aja ya.



4. Ticketing: konon bisa beli online dan ambil tiketnya di Sevel. Tapi karena nggak sempat, jadi kami beli langsung aja, nggak terlalu antri kok. Kami pilih 3-days passport yg bisa dipakai masuk 1 hari penuh di Disneyland, 1 hari di Disneysea, 1 hari lagi boleh bolak balik Disneyland atau Disneysea. Harganya ¥17,800/adult dan ¥11,500/child (1 yen sekitar 127 rupiah). Harga tiket paket lainnya silakan cek di sini ya: http://www.tokyodisneyresort.jp/en/index.html



5. Makanan & minuman: bebas bawa masuk dari luar loh! Ini surprising juga. Dufan aja nggak boleh kan kalo nggak salah. Kalo nggak mau repot ya makan di dalem juga banyak pilihannya. Cuma biasalah pasti standar harganya lebih mahal. Rata2 set meal di atas ¥1,000 dan cemilan paling murah popcorn ¥210. Kalo minum sih free flow gratis, ada tap water di mana2. Dingin pula kayak dari kulkas :))



6. Antrian permainan: begitu masuk pintu Disneyland, langsung melesat ke setiap mesin Fast Pass deh supaya nggak nyesel. Fast Pass ini semacam kartu antrian yang udah ada jamnya, jadi kita tinggal balik lagi sesuai jam yang udah ditentukan tanpa harus antri lama. Letaknya ada di dekat wahana2 favorit seperti Star Tours, Big Thunder, Splash Mountain, Monsters Inc, dll.



7. Pertunjukan: minta jadwalnya yang dalam bahasa inggris di area informasi ya. Yang harus diingat, orang Jepang terkenal rajin antri. Jadi 1 jam sebelum pertunjukan aja udah pada rapi antri. Sampe2 ada pengumuman tertulis: baru boleh gelar tiker buat antri maksimal sejam sebelum pertunjukan. Mungkin karena dulu udah pada gelar tiker antrian 3 jam sebelumnya kali ya :)) Tapi tenang, orang Jepang nggak hobi nyelak2 kayak orang2 negara tetangganya yang terkenal suka nyelak itu :p



8. Souvenir: pastinya mihil mihilll. Saya dan anak2 cuma beli raincoat mickey/minnie aja karena memang butuh pas gerimis dan kedinginan. Itu yang paling lumayan dan worth it deh, “cuma” ¥1,000 dan kepake banget. Btw itu yg ukuran anak2 ya, kalo ukuran S M L harganya ¥1,300. FYI, gantungan kunci atau magnet kulkas aja rata2 di atas ¥500.



9. Foto2: di Tokyo Disneyland ini dilarang pake tongsis bro & sis! Begitu ketauan pasti langsung disamperin dan ditawarin buat difotoin aja sama petugas yang tersebar di mana2. Kalo mau foto sendiri mending pake mini tripod aja terus pasang timer atau remote control buat fotonya, lebih bagus juga kan hasilnya :))



10. Bonus: di Tokyo Disneyland ini banyakkk banget yang pake yukata, baju khas tradisional Jepang itu. Cantik2 pula. Konon kalo pake baju itu, dapet diskon khusus buat masuk ke sini. Jadi kepikiran, kenapa Dufan atau Jatim Park nggak bikin program yang sama ya buat mempromosikan dan melestarikan kebaya? :)



Ok that’s all, have fun in Tokyo Disneyland!



Tokyo, 6 July 2016
Nuniek Tirta - enjoying Disneyland

You Might Also Like

0 comments

Subscribe