Tumbuh Bersama Anak

Sunday, June 19, 2016

Anak-anak pernah tanya: “Mommy kenapa kuliah lagi?”

Saya berpikir sejenak untuk menjawab pertanyaan ini.

“Karena belajar nggak kenal usia, dan supaya kita bisa tumbuh bareng sekeluarga.”  

Saya jelaskan konsep tumbuh di sini bahwa tumbuh itu bukan hanya fisik (makin tinggi, makin gendut :p) tapi ada juga tumbuh secara psikologis (makin empati, bijaksana, sabar, penyayang, dll), secara akademis (makin pinter, daya pikir lebih kritis, dll), secara spiritual (makin dekat dengan Tuhan, berdamai dengan diri sendiri, dll).

Saya jelaskan juga, bahwa kita bertumbuh itu bisa melalui berbagai macam cara. Misalnya, daddy bertumbuh melalui pengalaman memimpin perusahaan. Mommy bertumbuh melalui pengalaman mendidik anak-anak, dan sebagai pendidik yang baik tentu juga harus terdidik, jadi itulah kenapa mommy nggak pernah berhenti belajar. Nah anak-anak bertumbuh melalui pengalaman belajar di sekolah, bersosialisasi dengan teman-teman sebayanya, dan kegiatan-kegiatan positif yang membuatnya berani menjalani pengalaman baru.

Contohnya kegiatan Taro Rangers Camp yang diikuti si kakak tanggal 5-7 Mei lalu di Sentul. Mulai dari persiapannya saja, sudah membuat si kakak bertumbuh menjadi anak yang lebih mandiri.  Kemudian kegiatan selama 3 hari 2 malam yang penuh tantangan, telah memberikan si kakak pengalaman untuk menjadi anak yang tangguh, cerdik, dan peduli.

Di hari terakhir waktu anak-anak dipertemukan kembali dengan orangtua, si kakak sudah bisa melihat mommy dari jauh. Semacam ada radarnya saja :D

Pas mommy samperin turun ke lapangan, dia langsung menyerbu mommy dengan pelukan erattt. Ternyata dia nangis lhooo.. tapi bukan nangis sedih, melainkan nangis haru dan bahagia bisa ketemu mommy lagi. Kangen berat, katanya. Untung mommy waktu itu pakai kacamata gaya, jadi ga ketauan kalo diem2 mommy nangis juga, hehehe.

Selesai acara itu mommy sempet diwawancara, bagaimana rasanya melepaskan anak selama 3 hari 2 malam untuk ikutan Taro Rangers Camp ini. Mommy bilang, karena si kakak memang sudah mandiri sehari-hari jadi mommy nggak terlalu khawatir lagi. Yang penting dia juga hepi dan menikmati acaranya. Ya kan kak?

Oya di sana mommy kan ketemu sesama mommy2 blogger yang anak2nya ikutan Taro Rangers Camp juga, ada Swastika Nohara yang nungguin anaknya Sabai, dan Mira Sahid yang nungguin kak Vinka dan dek Zahran. Nah mommy tanya tuh ke mereka bagaimana, mewek nggak? Mereka bilang mewek jugaaa, hahaha… yaiyalah namanya juga kangen anak-anak ya. Tapi seneng kan mereka dapet pengalaman baru. Nih liat, mommy2nya nggak kalah hepi dengan anak2nya, hahaha…

Lalu si kakak cerita2 ngapain saja selama 3 hari itu. Ya mirip dengan yang diceritain panitia melalui email. Cuma karena anak sendiri yang cerita rasanya lebih seru saja, karena berdasarkan point of view nya. Ternyata buat si kakak yang paling berkesan adalah waktu pesta barbeque & api unggun, karena ada acara memecahkan pinata dan bubble party di tengah lapangan taman budaya sentul. Serunya!

Mommy tanya, kakak kecapean nggak? Dia bilang, ya capek sih, tapi seneng kok. Wah baguslah! Kalo daddynya komentar: kakak item banget! Hahaha iya, di hari kedua yang temanya Aksi Tangguh Taro Rangers itu kan kegiatannya full day outbound activities, jadi ya siap “gosong”. Nggak apa2 dong, namanya juga belajar jadi anak yang tangguh!

Terus sambil tunggu tasnya dibagiin, kita kan jajan dulu nih. Si kakak komentar gini, “Belinya jangan yang pakai styrofoam ya mommy, nggak ramah lingkungan. Kemarin baru aja diajarin”. Wah, habis ikutan Taro Rangers Camp selain jadi tambah tangguh, si kakak jadi tambah peduli lingkungan nih!

Lalu beberapa minggu setelah acara, nggak disangka-sangka, orangtua dapat laporan Personal Review dari panitia Taro Rangers Camp! Isinya tiga halaman deskriptif hasil observasi kakak-kakak rangers, mencakup perilaku dan pencapaian anak. Mirip raport sekolah, tapi tanpa angka. Wah asyik banget mommy daddy jadi tahu deh si kakak bagaimana selama 3 hari camp itu. Selain itu ada juga flashdisk berisi foto-foto aksi Taro Rangers #AnakTangguhIndonesia =)

Ohya, selain pengalaman, si kakak tentu saja dapat teman-teman baru di sana. Berarti niat awal mommy daftarin si kakak supaya teman barunya nambah sudah tercapai dong yaa =)) Mudah-mudahan tahun depan diberi kesehatan dan kesempatan untuk bisa ikutan lagi. Yuk daftarin anak-anaknya juga! Supaya nggak ketinggalan info, rajin2 cek di sini http://www.taro.id/

Btw, aksi si kakak dan teman-teman Taro Rangers Camp lainnya sudah bisa ditonton lho di Youtube Channel Taro. Sambil nonton, enaknya sih sambil ngemil Taro Snack yang lezatnya melegenda, ya kaaaannn  :D

Let’s grow together with our kids!

You Might Also Like

0 comments

Subscribe