Wednesday, November 25, 2015

[gallery]

5 tahun mengawal komunitas startup dan bergaul dengan young entrepreneurs, saya sering menyaksikan sendiri bagaimana founder startup yang tampak glamour sesungguhnya hidup susah karena startupnya menang ini itu namun tidak make money.



Bagaimana founder yang berpakaian necis bermerk merangkak dari kempompong menjadi social butterfly namun untuk mengikuti gaya hidupnya yang (tampak) tinggi dia tidak malu-malu meminta pinjaman uang.



Bagaimana founder yang tampak percaya diri berbagi kisah inspirasi di hadapan ratusan mahasiswa perguruan tinggi namun di dalam hati tengah gundah gulana karena harus menutup perusahaannya keesokan harinya.



Dan masih banyak lagi.



Mahfum memang jika kebanyakan orang -dan tentu saja media- lebih mengapresiasi mereka yang tampak berprestasi di depan layar dan mengesampingkan apa yang terjadi, bagaimana prosesnya, dan siapa yang berperan penting di belakang layar.



Success is not always what you see. Don’t compare your scoop of success with others. As everyone has one’s own field of battle, root and background, do not compete with anyone but (the previous version of) yourself.

You Might Also Like

0 comments

Subscribe